Bukan karna target diriku hadir di jogjakarta'namun karna kuran diriku hadir,Untuk mencari dan menggapai semua impianku

Mengenai Saya

Foto saya
LEBIH BAIK DIRIKU SEPERTI YANG DI LIHAT" sederhana " DARI PADA DIRIKU BERJALAN " bahagia " DENGAN PENGORBANAN ORANG LAIN (ortu)

KUNJUNGI

LINKS WEBS CHADOS


LINKS ROHAMA


LINKS NENFAK


Links chados

Slide Show

KUNJUNGI

alamat YM Chados


alamat YM Chados

wibiya widget

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Diposting oleh CHADOS-SANGKEK On 15.55

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, merupakan keterpaduan, keserasian dan kebersamaan dalam suatu sistem kemasyarakatan, Jika tiga aspek tersebut menyatu dalam suatu bingkai yang permanen, maka pada dasarnya akan terbentuk “kekuatan” (power) yang memiliki daya tangkal tinggi, peka terhadap sesuatu yang dihadapi dan memiliki kemauan yang tinggi untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.Menurut teori” bahwa kempuan kelompok merupakan hasil menyeluruh dari tindakan para anggota kelompok yang berbekas dalam kelompok tersebut. Selanjutnya, kreatifitas kelompok yang tinggi akan mengisyaratkan keaktifan dan partisipasi para anggota kelompok yang baik pula. Di samping itu keaktifan kelompok yang tinggi mampu menumbuhkan loyalitas terhadap kelompok, hal ini juga ditunjukkan untuk anggota kelompok yang terlibat langsun.
Kesemuanya ini bisa menjadi kekuatan kelompok (Cartwright, Zander dan Hollander, dalam Yusuf, 1990). Berdasarkan pandangan-pandangan di atas memberikan indikasi bahwa keterpaduan, keserasian dan kebersamaan dapat diperoleh dari hasil menyeluruh dari anggota kelompok yang ada. Dengan demikian dapat dirumuskan, tingkat kekohesifan yang tinggi dalam reaslitas yang sesungguhya, maka paling tidak ada dua hal yang perlu diperhatikan : Pertama, menggalang potensi masyarakat, maksudnya dalam suatu komunitas sangat jarang ditemui adanya sifat-sifat yang membedakan, dalam komunitas tersebut relatif kecil jumlahnya. Berarti komunitas yang dimaksud memiliki perbedaan-perbedaan, baik dari segi pengetahuan atau latar belakang pendidikannya,
keterampilan, pengalaman dan latar belakang ekonomi. Potensi yang ada, perlu diidentifikasi sebagai input yang sangat berharga sebagai data awal untuk dimanfaatkan selanjutnya. Umumnya para tokoh masyarakat, pendidik, dan tokoh agama yang berada di luar system pemerintahan, mereka ini disebut informal leader yang seharusnya mengambil prakarsa dalam tahap penggalangan. Jika diperlukan out sider (pihak luar), seperti Perguruan Tinggi, LSM atau organisasi-organisasi yang peduli dalam pembanggunan daerah dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memberi penguatan dalam hubungannya dengan pembangunan.
Dalam tahap penggalangan, pada dasarnya untuk memberi pengertian yang mendalam betapa pentingnya masyarakat sebagai tuan rumah sekaligus sebagai aktor utama dalam pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di wilayah mereka sendiri.

Tumbuhnya kesadaran untuk membangun daerahnya, sebagai kekuatan baru yang bersifat kolektif (community power), meskipun pada tahap ini masih sangat prematur, karena masih ada faktor-faktor lain yang harus melengkapinya. Kedua, tahap penggalangan sebagai proses identifikasi potensi masyarakat yang juga ditandai dengan munculnya kesadaran yang tinggi untuk melakukan aktivitas pembangunan, perlu disusul untuk tahap berikutnya yaitu melalui pelatihan-pelatihan yang diarahkan pada peningkatan kualitas masyarakat dalam berbagai bidang.

Mencermati situasi dan perkembangan negara kita sekarang ini,
maka konteks pemberdayaan masyarakat, selayaknya diarahkan kepada masalah-masalah tersebut dengan maksud agar masyarakat dapat mengetahui dengan jelas faktor-faktor apa saja yang perlu diperbaiki dan bagaimana jalan keluar yang tepat untuk penyelesaian ,masalah. Dengan demikian masyarakat mampu menetapkan apa yang dibutuhkan dan bukan sekedar daftar keinginan yang terlalu menjanjikan, tetapi dalam kenyataan tak pernah terpenuhi. Pendekatan yang diharapkan untuk itu adalah memfasilitasi masyarakat secara edukatif dan memandangnya tidak sebagai objek pembangunan, melainkan sebagai subjek pembangunan.

0 Response to "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT"

Posting Komentar

KAWAN TITIP PESAN DI SINI


ShoutMix chat widget



NASIP RANTAUKU

ANFAK JOGJA

VIDEO CHADOS SANGKEK

Copy bander ini

About Me

Foto saya
LEBIH BAIK DIRIKU SEPERTI YANG DI LIHAT" sederhana " DARI PADA DIRIKU BERJALAN " bahagia " DENGAN PENGORBANAN ORANG LAIN (ortu)

KUNJUNGI

My Blog List

Followers

FEEDJIT Live Traffic Map

Blog Archive

FEEDJIT Live Traffic Feed

Add facebook --->>>merkam_absan@yahoo.com dan sangkek_as@yahoo.com

Calendar

counter pengunjun

counter

Blog Archive

 


 

 

 


 

 


ALAMAT NENFAK-JOGJA

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN KAWAN

  • NEN ABSAN
  • NEN MANUS
  • NEN BERHTO
  • NEN PHAUL
  • NEN CHEZS
  • NEN YoRIS
  • Chat With Me


    Chat With Me
    ==
    Chados

    ALAMAT LINK CHADOS